Friday, January 26, 2018

6 Pakan Kucing Kampung Olahan yang Lezat



Kucing kampung merupakan jenis kucing yang kerap dipelihara masyarakat Indonesia karena perawatannya yang mudah dibanding kucing ras lainnya. Untuk makanannya pun juga tidak sulit. Anda bisa memberi kucing kampung anda Whiskas, selain itu anda juga bisa memberi ia bahan makanan dan minuman yang murah meriah ini, tetapi tetap bernturisi tinggi. Apa saja?

1. Daging

Kucing sebenarnya adalah karnivora sejati, daging adalah sebagai bahan utama makanan mereka. Daging ini bisa berupa bisa berupa daging sapi atau daging ayam. Anda bisa memberikannya sesuai bujet Anda. Tapi ingat, sebelum memberikannya kepada si kucing, Anda harus mengolahnya terlebih dulu.

Cara mengolahnya pun sangat mudah. Bisa direbus saja, bisa juga digoreng. Untuk anak kucing, Anda bisa membuatnya menjadi bubur dengan cara digiling atau diblender. Pengolahan ini bertujuan agar makanan si kucing ini menjadi lebih higienis.

2. Ikan

Berikutnya ada ikan. Ikan kaya akan vitamin E yang bagus untuk kucing kampung. Kaya juga akan omega 3 dan 6 yang bisa membuat bulu kucing lebih indah dan mencegah kerontokan pada kucing. Setidaknya, Anda bisa memberi 2 hingga 3 kali seminggu nutrisi dari ikan ini untuk kucing kampung Anda.

3. Nasi

Nasi umumnya dilarang diberikan bagi kucing karena mengandung zat gluten yang tinggi yang bisa membuat mereka obesitas. Tapi, untuk kucing kampung, itu tak masalah. Asalkan Anda memberinya tidak terlalu banyak. Sebaiknya, campur juga nasi tersebut dengan lauk pauk seperti daging atau ikan, ya! Agar mereka lebih berselera menghabiskannya.


4. Tempe

Tempe? Yup! Kucing kampung juga doyan dengan makanan khas Indonesia ini. Tempe mengandung banyak protein yang berasal dari kacang kedelainya yang pastinya sangat dibutuhkan oleh mereka. Protein pada kucing akan diubah menjadi sumber energi. Selain itu, protein dalam tempe juga bisa berguna memperbaiki sel-sel tubuh mereka yang rusak.

Cara memberikannya, Anda harus merebusnya terlebih dulu lalu dihancurkan sebelum diberi ke kucing. Seperti nasi, campurkanlah juga beberapa lauk pauk seperti daging atau ikan agar mereka lebih berselera menyantapnya.

5. Air Putih

Pakan kucing selanjutnya yang bagus untuk mereka adalah air putih. Air memang dibutuhkan oleh semua makhluk di bumi. Termasuk kucing tentunya. Sama seperti halnya manusia, air putih pada kucing juga berfungsi menghidrasi mereka.

Nah, bila kucing Anda sedang tak enak badan, Anda juga bisa memberikan air putih sebagai obatnya. Air putih mampu mengganti cairan yang hilang dalam tubuh mereka layaknya manusia. Keren, kan?

6. Susu

Tak hanya kucing ras seperti Persia atau Himalaya, kucing kampung juga perlu minum susu. Susu kaya akan kalsium dan protein yang sangat bermanfaat dalam pemenuhan energi serta pembentukan tulang dan gigi mereka. Tapi ingat, jangan pernah berikan kucing Anda susu sapi.

Sebab, semua jenis kucing, baik kucing kampung maupun kucing ras lainnya tidak bisa mencerna protein susu sapi dengan baik. Jadi, jika Anda ingin memberi peliharaan Anda ini susu, berilah mereka susu yang dijual di petshop. Sebelum itu, sebaiknya Anda juga konsultasi terlebih dulu dulu ke dokter hewan, ya!

Itulah beberapa pakan yang bisa diberikan ke kucing kampung anda selain makanan dalam kemasan seperti Whiskas. Memelihara kucing kampung tidaklah sulit karena tak akan ada yang mencurinya. Mungkin, Anda hanya perlu memberi tanda pengenal untuk kucing kampung Anda agar tak tertukar dengan yang lain. Soalnya, banyak kucing yang serupa!

6 Pakan Kucing Kampung Olahan yang Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin