Selasa, 29 Agustus 2017

Inilah 4 Kriteria Rumah Ideal


Apabila Anda harus mendeskripsikan ciri-ciri rumah ideal, rumah seperti apakah yang akan langsung muncul di pikiran Anda? Apakah rumah satu lantai, atau dua lantai? Apakah rumah bergaya mediterania atau minimalis?

Mungkin jawaban Anda dengan orang lain akan berbeda, namun meski standar ideal setiap orang berbeda-beda, ada beberapa hal umum yang harus Anda ketahui jika ingin membangun rumah ideal untuk keluarga.

Perlu digarisbawahi bahwa rumah yang ideal bukanlah rumah yang hanya tampak cantik dari luar. Lebih dari itu, yang menjadikan sebuah rumah ideal adalah kolaborasi dan padupadan segala fitur yang ada di dalamnya agar sesuai dengan aktivitas Anda di rumah. Baiknya pengaturan aspek-aspek dalam rumah tentu akan memudahkan hidup Anda. Selain itu, hal ini juga dapat menambah nilai bangunan rumah ketika suatu hari Anda terpikir untuk menjualnya.

Berikut adalah beberapa kriteria idealnya suatu hunian.

1. Satu tingkat
Banyak orang menganggap rumah bertingkat merupakan rumah yang ideal karena mencerminkan kemewahan dan kemegahan, padahal tidak juga. Sebuah rumah dibuat bertingkat biasanya dengan alasan lahan tanah yang dimiliki tidak terlalu luas sehingga lantai tingkat diperlukan untuk menambah jumlah kamar.

Namun rumah bertingkat membutuhkan perawatan yang lebih sulit dibanding rumah dengan hanya satu lantai. Anda juga harus merencanakan desain rumah bertingkat dengan lebih hati-hati karena area tangga beresiko membahayakan Anda dan keluarga, terutama anak-anak.

Inilah mengapa menurut para ahli, rumah yang ideal adalah rumah yang hanya memiliki satu tingkat saja. Alasannya sederhana, karena rumah dengan hanya satu lantai lebih mudah perawatannya.
Semua area dapat dijangkau dengan mudah, sehingga jika Anda ingin melakukan pengecatan atau dekorasi ruangan dapat Anda lakukan dengan lebih mudah dan lebih aman. Hal ini juga membuat Anda dapat menghemat banyak waktu dan juga biaya listrik.

2. Tinggi plafon 3 meter
Perhitungkan dengan tepat tinggi plafon rumah Anda. Tinggi plafon yang disarankan adalah setinggi kira-kira 3 meter dari permukaan lantai. Posisi plafon yang terlalu tinggi akan membuat ruangan dalam rumah Anda terlihat kurang proporsional dan menyulitkan Anda mendekorasi celah kosong pada dinding.

Hindari juga membuat plafon jauh di bawah tinggi yang direkomendasikan. Ruangan dengan plafon yang rendah tidak memungkinkan udara di dalamnya dapat bersirkulasi dengan baik. Alhasil, rumah dengan plafon yang rendah akan terasa pengap dan sumpek.

Untuk itu, hindari membangun rumah dengan tinggi plafon yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Ikuti tinggi ideal plafon untuk menciptakan hunian yang ideal pula.

3. Teras yang nyaman dan luas
Saat cuaca cerah, alangkah menyenangkannya untuk menghabiskan waktu di luar rumah. Beberapa orang akan malas untuk berpergian jauh dari rumah hanya sekadar untuk menikmati hari yang indah. Mengapa tidak membuat teras yang nyaman saja? Di teras tersebut Anda dapat berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga. Area teras yang nyaman ini juga bisa menjadi tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman dan kerabat Anda.

Bahkan UCLA berpendapat bahwa berada di luar rumah dapat menurunkan tingkat stress, dan kelelahan, lho. Dari sisi nilai jual, rumah dengan teras yang nyaman biasanya memiliki nilai yang tinggi. Inilah mengapa salah satu kriteria rumah ideal adalah memiliki teras.

4. Eksterior dengan perawatan yang mudah
Beberapa desain eksterior rumah menggunakan material-material yang memerlukan perawatan tingkat tinggi, hindari menggunakan desain tersebut. Meskipun memiliki nilai estetika yang tinggi dan juga unik, akan sangat merepotkan jika harus merawat bagian eksterior rumah secara rutin.

Rumah yang ideal adalah rumah yang tidak memerlukan pemiliknya untuk melakukan perawatan yang terlalu sulit dan rutin. Waktu yang harusnya Anda habiskan untuk beristirahat dan bersantai bersama keluarga akan tersita jika Anda harus terus-menerus mengurus urusan rumah.

Setelah mengetahui 4 kriteria ideal rumah di atas, kini kebingungan Anda telah sirna, bukan? Namun rumah yang ideal hanya dapat dibangun oleh tukang bangunan yang kompeten. Ketahui dengan pasti kemampuan pihak kontraktor atau tukang bangunan sebelum Anda menandatangani kontrak kerjasama dengan mereka.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Follow by Email